Thursday, February 21, 2013

otomotif

Kalo servis rutin vega r, jangan cuma diem aja sambil duduk baca koran. Sedapat mungkin perhatikan sang montir yang lagi 'megang' motor kita. Karena dari situ kita bisa belajar ngerawat motor dan seluk beluk konstruksi motor kita. Sehingga sewaktu-waktu dalam keadaan darurat kita bisa 'megang' sendiri motor kesayangan kita.

Dibandingin produk selevelnya, Yamaha Vega R punya ciri khusus yang paling menonjol, yakni tarikan awal dan power untuk melakukan akselerasi lebih 'Joss'. Dan itu emang sedikit mempengaruhi konsumsi BBM di tanki. Saya pernah coba nurunin setelan gas vega r saya, hasilnya emang sedikit lebih irit. Tapi tarikannya malah jadi kurang mantap. Seolah ada celah kosong yang bikin motor kita nyentak-nyentak saat diajak lari pelan. Nah kalo udah gitu, cepet2 balikin stelan gas ke posisi semula. Malahan kalo perlu, tiap 6 bulan sekali, minta montirnya untuk stel ulang klep vega r supaya tarikannya kaya baru lagi.

Rantai juga perlu mendapatkan perhatian khusus, apalagi saat musim hujan gini, pasti sering kendor. Vega r punya karet arm yg letaknya pas dibelakang engine dan ditutupin mika warna hitam di sebelah kiri yang berfungsi buat ngelindungi besi arm tengah dari gesekan rantai saat kendor. Nah kalo rantai dibiarin kendor, biasanya karet ini lama2 akan aus dan putus. Akibatnya rantainya jadi bunyi karena gesekan dengan arm tadi.

No comments:

Post a Comment