Alhamdulillah,
Sujud syukur kehadirat ALLAH Swt, selalu memberikan pertolongan,
melimpahkan rizky yang berkah bagi kami. Mempertemukan kami untuk ber
silaturahmi dengan bos-bos yang murah hati dan baik, yang selalu
mendukung kami untuk riset dan berkembang, pun hasilnya semoga istimewa
dan membawa berkah bagi pemiliknya.
Kali ini seorang pria muda sukses, mr.B , bussines man dari
kota Tuban. Menggelandang motor Yamaha Rx-King nya ke bengkel jam 9
malam, disaat kami sedang lembur mengerjakan orderan mesin balap. Motor
berlabur kelir putih bersih, dipadankan velg alumunium Gold dan ban
tapak lebar, rapih, simple dan berkesan mewah. Dalam pesan blackberry
mesenger nya, mr.B mengatakan hanya ingin merapihkan kabel dan
memperbaiki performa mesin nya sudah kurang enjoyable untuk
dipakai turing. Benar saja, saat kami coba dan dibuka busi nya
pengapiannya seolah terlalu advance, dan kampas koplingnya selip. Namun
kami pun tak menduga jika ujungnya diajak riset besar… Pesan pemiliknya
sederhana, untuk membuat motornya yang dipanggil SUKHOI, harus bisa
terbang seperti layaknya jet tempur ^_^
Mempraktikan apa yang ter rangkum dalam buku panduan korek mesin 4
tak dan 2 tak milik kita, mesin sang raja langsung dibelah total. Fokus
awal adalah penggantian rasio transmisi set dengan racikan yang lebih
rapat. Kemudian bearing kruk as diganti dengan tipe yang istimewa, bukan
lagi c3 atau c4, yang ini bearing kruk as Hi-Speed, harganya setengah
juta lebih, tentunya harga ga akan pernah bohong tentang performa!
Connecting rod pun kita ganti baru, kruk as kemudian secara keseluruhan
disetimbangkan dan diselaraskan.
Mencegah kebocoran kompresi primer, seal kruk as kanan-kiri diganti
baru. Crankcase pun tak lupa di Polished dengan autosol hingga kinclong.
Tidak ada rahasia berarti di dinding crankcase maupun daun kruk as ,
bisa dibilang tidak ada usaha pemampatan kompresi bawah ini. Area
dinding cranckase pada mesin 2 langkah memang dipergunakan untuk tempat
penampungan bahan-bakar, udara, dan pelumas. Pelumas yang baik dipilih
agar mudah bercampur dengan bahan-bakar, maka oli IDEMITSU menjadi
andalan.
No comments:
Post a Comment